Wednesday, March 6, 2013

Cara Sehat Menjadi Gemuk


Cara Sehat Menjadi Gemuk 

keripik pisang 
Anda merasa sudah makan banyak, tapi tak kunjung gemuk? Mempertahankan berat badan agar tetap ideal memang susah-susah gampang. Tidak cukup hanya memperhatikan makanan berkalori semata, tapi perlu mencermati kegiatan sehari-hari dan kondisi kesehatan tubuh.

Dulu aku itu sangat gemuk sekali,pipi tembem,berlemak,sampa orang-orang kaget melihatku,karena dulu dari kecil sampai SMP aku kurus,tapi setelah aku masuk SMA aku makin gemuk,padahal aku banyak kegiatan dan banyak fikiran,sulit dalam pelajaran seperti belajar matematika,tapi meskipun sulit matematika dan lan-lain aku malah semakin gemuk.

Akupun bingung bagaimana agar aku bisa kurus,tapi setelah lulus SMA dan aku kuliah perawat di Kediri,aku malah makin kurus,memang siihh banyak masalah,itu mungkin penyebabnya dan sampai sekarang aku bekerja di BIMBEL Kabataku aku masih tetap kurus,dan mencari cara agar bisa gemuk seperti dulu,biar tida diprotes orang-orang terdekatku seperti keluargaku dan pacarku.hehhehe


Hidup ini memang serba salah. Yang gemuk kepingin kurus, dan yang kurus selalu mendambakan bagaimana agar bisa menjadi gemuk. Masing-masing punya alasan sendiri-sendiri. Bagi kebanyakan wanita, menjadi terlalu kurus itu sungguh sesuatu yang juga bermasalah. Memang mereka tidak berharap menjadi gemuk apalagi sampai kegemukan. Sekedar tidak kurus pun sering begitu sukar untuk tercapai. Wanita yang gemuk maupun kurus, konon tidak kelihatan sexynya.

Bagaimana wanita yang bertubuh sexy itu sebetulnya? Ya, wanita yang tubuhnya sesuai dengan pola bertumbuhnya. Kita tahu bahwa setiap orang mewarisi pola dan bentuk tubuh dari garis keturunannya. Yang pinggulnya tidak lebar, dada tidak montok atau pinggang kurang ramping, yang berkesan kurang feminin, harus sama mensyukuri dengan yang dikaruniai pola dan bentuk tubuh ideal yang sepenuhnya feminin.

Hal lain, bahwa berat badan dari berbagai tipe pola dan bentuk tubuh pun harus ideal. Artinya, berat harus sesuai dengan tinggi badannya agar tampak serasi dan seimbang. Berat badan ideal untuk mereka yang memiliki tinggi badan 160 cm, adalah 160-100 dan dikurangi lagi 10 persen, yaitu 54 kg. Jika kurang dari berat badan ideal itu, harus dinilai sebagai kurus.

Apalagi jika kekurangannya lebih dari 20 persen berat badan idealnya.
Kurus sendiri ada yang sehat, ada juga yang tergolong tak sehat. Kurus yang sehat berarti memang pola dan bentuk tubuhnya mewarisi sifat yang kurang feminin atau cenderung androgenic atau sedikit komponen gynicnya, atau dapat juga bersifat androgynic perpaduan antara yang feminin dengan yang maskulinnya.

Kurus tergolong tidak sehat jika pola dan bentuk tubuh yang diwarisi seseorang belum mencapai tingkat berat badan yang sesungguhnya bisa dicapainya. Namun karena sesuatu hal, berat badannya belum tercapai penuh. Untuk kasus kekurusan jenis inilah yang dapat diupayakan, bagaimana agar tidak tetap kurus dan mencapai berat badan yang seharusnya dapat diraihnya dengan beberapa cara.

1. MAKAN MEMADAI DAN TERATUR
Makanan merupakan sumber asupan kalori. Seseorang berpeluang mencapai berat badan idealnya jika makanannya memadai dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Rata-rata wanita bekerja membutuhkan 2.000-2.500 kalori setiap harinya. Jika dengan porsi makan selama ini ternyata berat badan terlalu kurus, mungkin porsi makan perlu ditambah.

Makanlah 3 kali sehari. Sarapan pagi penting agar tubuh tidak mengambil lemak cadangan tubuh di bawah kulit. Pilih menu yang cukup mengandung lemak. Kalau perlu boleh ditambah telur setiap pagi dan minum susu sedikitnya sebelum tidur malam. Mungkin juga perlu ekstra makan malam. Lebih banyak ngemil selama perut masih bisa diisi. Kemudian kurangi lagi setelah berat badan ideal tercapai dan pertahankan dengan pola dan susunan menu yang telah berhasil menjaga berat badan yang tetap.

Hal itu yang selalu dinasehatkan setiap hari oleh orang terdekatku ketika aku sibuk kerja di bimbingan belajar kabataku,aku harus tetap makan,tapi ternyata nafsu makanku yang sulit.

2. MENJADI SEPERTI KUCING
Bagi yang kurang suka daging dan ikan harus belajar agar berubah tabiat seperti selera kucing. Karena tubuh tak cukup hanya dengan berpola makan seperti sapi yang bisa gemuk cukup hanya dengan makan dedaunan saja. Kalau perlu tingkatkan makan soto, sate, dan steak.

Kalau ngomongin daging,jadi ingat mentorku kak Daniel dan kak lisa yang sering nraktir aku dan teman team kabataku KFC,nyummiiiii,,,
Sambil mengerjakan matematika online kabataku ,asyyiiikkkk :)

3. MAKANAN SELINGAN
Perlu diupayakan agar memperoleh makanan selingan di antara dua waktu. Sedikitnya, dua kali dalam sehari. Kita tahu, lambung mengosongkan diri dalam tiga jam, sehingga setiap 3 jam perlu diisi agar ada makanan yang bisa diserap kalorinya. Dengan kalori yang melebihi kebutuhan tubuh inilah, tubuh berpeluang untuk menjadi tidak kurus. Pilih jenis makanan selingan yang manis-manis.

No comments:

Post a Comment