Saturday, January 26, 2013

Tips agar Anak Termotivasi Untuk Belajar



Tips agar Anak Termotivasi Untuk Belajar

Agar anak memiliki semangat dan termotivasi untuk rajin belajar adalah tantangan yang luar biasa untuk orang tua.Saya pengajar dari BIMBEL KaBaTaKu akan berbagi Tipsnya.
Bagaimana caranya? Yuk simak tip berikut ini.


1. Mendampiki anak di berbagai kesempatan
Mendampingi anak di berbagai kesempatan dan memberinya semangat akan membuat anak semakin terpacu untuk memberikan hasil yang terbaik. Anda juga harus tertarik dengan hobinya, selalu menanyakan perkembangan hobinya,itu akan membuat si kecil bersemangat karena tahu orang tuanya tertarik pada apa yang dilakukannya.

Sebisa mungkin untuk hadir pada perlombaan yang diikuti si kecil, menjadi penonton dan memberinya semangat.Dengan begitu anak akan termotifasi.

2. Membantu Si Kecil Menyusun Rencana
Banyak hal yang belum dipahami si kecil termasuk dengan prestasi yang ingin diraihnya. Bantulah si kecil membuat rencana, target prestasi yang ingin diraihnya. Bantu anak dalam memecahkan masalah, menyusun rencana untuk meraih target, serta mempersiapkannya dalam menghadapi rintangan.

3. Budayakan Membaca di Rumah
Orang tua yang suka membaca akan merangsang anak untuk suka membaca juga. Anak yang sering melihat orang tuanya membaca akan penasaran tentang asiknya membaca. Ini sangat baik untuk anak-anak yang sedikit lambat dalam belajar membaca. Jika sering melihat orang tuanya membaca, anak juga akan terpacu untuk lancar membaca.

4. Jangan Segan Untuk Memuji
Bila anak anda berhasil meraih prestasi, janganlah segan untuk memujinya. Pujian yang kecil pun akan berarti untuk si kecil, karena itu akan membuat si kecil merasa special, dan akan terpacu untuk meraih prestasi lainnya.

5. Suasana Belajar Yang Menyenangkan
Siapa pun tentu akan merasa bosan dengan suasana belajar yang kaku. Cobalah untuk mengajarkan si kecil dengan cara yang menyenangkan. Misalnya sambil bermain dan menonton kartun atau membuat Suasana tempat belajarnya seperti yang si kecil mau.

6.Memberi Reward
Berikan reward(penghargaan)pada si kecil,seperti stiker lucu-lucu bergambar kartun kesukaanya lalu tempelkan di raport rewardnya dengan begitu anak akan lebih semangat lagi untuk belajar.

Demikian beberapa tips yang dapat saya berikan semoga bermanfaat untuk semuanya.



No comments:

Post a Comment